Ace Hardware Balik ke RI, Azko Santai: Apa Strateginya?

Admin

No comments

Azko Optimistis Bersaing dengan Kembalinya Ace Hardware ke Indonesia

Manajemen PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI), perusahaan di balik jaringan toko ritel Azko, menyatakan kesiapannya dalam menghadapi persaingan dengan merek Ace Hardware yang akan kembali meramaikan pasar Indonesia tahun depan. Kembalinya Ace Hardware kali ini dinaungi oleh PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP).

Gregory S. Widjaya, Direktur AHI, berpendapat bahwa kembalinya Ace Hardware bukanlah ancaman, melainkan indikasi positif bagi potensi besar industri ritel produk rumah tangga di Indonesia. “Kami tidak khawatir dengan kompetisi dari brand lama kami. Azko justru terus berinovasi untuk menjadi lebih baik,” ungkapnya pada Kamis, 30 Oktober 2025.

Lebih lanjut, Gregory menjelaskan bahwa pasar ritel produk kebutuhan rumah tangga di Indonesia masih sangat dinamis dan menjanjikan pertumbuhan. Kehadiran pemain baru maupun pemain lama seperti Ace Hardware justru semakin membuktikan besarnya peluang di sektor ini.

Azko, kata Gregory, menyambut baik persaingan yang sehat dan akan terus fokus pada penguatan merek yang telah dibangun selama 30 tahun di Indonesia. Perusahaan berkomitmen untuk menjadi merek yang tepercaya, inovatif, inspiratif, dan menjadi pilihan utama bagi pelanggan.

Di tengah isu penurunan daya beli masyarakat, Azko tetap optimis mampu bersaing di industri ritel nasional. Strategi yang diterapkan saat ini adalah memperkuat brand dan melakukan renovasi besar-besaran pada toko-toko yang ada, termasuk peluncuran Azko Experience Store di Pondok Indah Mall 1.

“Kami cukup optimis dalam menghadapi situasi yang ada, sambil berharap kondisi ekonomi akan membaik,” ujar Gregory. “Saat ini, kami mencatat bahwa kategori produk esensial, fungsional, serta produk yang memberikan kenyamanan dan keamanan di rumah masih tetap menjadi prioritas konsumen.”

Ekspansi tetap menjadi strategi utama Azko untuk menangkap peluang pasar, terutama di kota-kota lapis kedua dan ketiga yang menunjukkan tren permintaan positif. “Terutama di kota-kota baru lapis kedua dan ketiga yang masih menunjukkan tren permintaan yang positif,” tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk sebelumnya mengoperasikan merek Ace Hardware di Indonesia berdasarkan perjanjian lisensi sejak tahun 1996. Namun, perjanjian tersebut tidak diperpanjang pada akhir tahun 2024, dan perusahaan beralih menggunakan merek Azko mulai 1 Januari 2025. Kini, Ace Hardware dikabarkan akan kembali ke Indonesia melalui kerjasama dengan PT Mitra Adi Perkasa Tbk.

Pilihan Editor: Transformasi Ace Hardware Menjadi Azko untuk Menggaet Gen Z

Tags:

Share:

Related Post