MAPI Cetak Laba Gede! Kinerja Semester I-2025 Melonjak Pesat

Admin

No comments

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) sukses mencatatkan kinerja yang memuaskan pada semester I-2025. Emiten dengan kode saham MAPI ini berhasil membukukan pertumbuhan laba bersih dan pendapatan yang signifikan.

Berdasarkan laporan keuangan yang dirilis pada Kamis (31/7), MAPI meraup laba bersih sebesar Rp 960,92 miliar pada semester I-2025. Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 6,84% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 899,33 miliar. Alhasil, laba per saham dasar MAPI pun terkerek naik menjadi Rp 58, dari sebelumnya Rp 54.

Dari sisi pendapatan, MAPI juga mencatatkan pertumbuhan yang menggembirakan. Per akhir Juni 2025, pendapatan bersih MAPI mencapai Rp 19,56 triliun, naik 8,71% dibandingkan semester I-2024 yang sebesar Rp 17,99 triliun.

Mitra Adiperkasa (MAPI) Siap Bagikan Dividen Rp 166 Miliar, Catat Jadwalnya!

Lantas, apa saja yang menjadi mesin pendorong utama kinerja MAPI? Secara rinci, pendapatan MAPI ditopang oleh beberapa segmen utama, yaitu penjualan ritel senilai Rp 16,54 triliun, departemen store Rp 1,42 triliun, kafe dan restoran Rp 1,52 triliun, serta pendapatan lain-lain Rp 131,46 miliar.

Meskipun demikian, MAPI juga mencatatkan kenaikan pada beban pokok penjualan dan beban langsung, menjadi Rp 11,24 triliun dari sebelumnya Rp 10,19 triliun. Kendati demikian, MAPI masih mampu mencatatkan laba kotor senilai Rp 8,31 triliun, meningkat dari Rp 7,97 triliun.

Beban penjualan juga mengalami peningkatan menjadi Rp 5,68 triliun, dari sebelumnya Rp 5,24 triliun. Begitu pula dengan beban umum dan administrasi yang tercatat sebesar Rp 1,01 triliun, naik dari Rp 936 miliar. Secara keseluruhan, jumlah beban usaha MAPI tercatat sebesar Rp 6,69 triliun, meningkat dari Rp 6,17 triliun.

Menanggapi kinerja perusahaan, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group, Ratih D. Gianda, menyampaikan bahwa MAPI berhasil mencatatkan kinerja yang stabil pada kuartal kedua, di tengah tantangan ketidakpastian makroekonomi dan kondisi pasar yang dinamis.

Strategi Digitalisasi dan Ekspansi Toko Jadi Andalan Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI)

“Walaupun sebagian penjualan Lebaran bergeser ke bulan Maret, peluncuran iPhone 16 pada bulan April berhasil memperkuat momentum bisnis digital kami,” jelas Ratih dalam keterangan resminya, Kamis (31/7).

Selain itu, Ratih menambahkan bahwa periode libur sekolah di bulan Juni juga memberikan kontribusi positif terhadap kinerja MAPI secara keseluruhan.

Lebih lanjut, MAPI terus berfokus pada pengembangan portofolio bisnisnya. Hal ini dibuktikan dengan akuisisi Toast Box pada bulan April, serta peluncuran Vivaia di Thailand pada bulan Juni. Langkah-langkah strategis ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan MAPI untuk senantiasa relevan dengan perkembangan gaya hidup konsumen dan menghadirkan brand, produk, dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Tags:

Share:

Related Post