HUT TNI: Penumpang KRL Jabodetabek Melonjak 45 Persen!

Admin

No comments

PT KAI Commuter Indonesia (KCI) memprediksi lonjakan penumpang KRL Jabodetabek hingga 45% pada akhir pekan ini, Sabtu dan Minggu, 20-21 September 2025. Pemicunya adalah pameran alutsista yang digelar di kawasan Monas sebagai bagian dari perayaan HUT ke-80 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Antisipasi terhadap potensi kepadatan penumpang pun ditingkatkan.

Berkaca pada perayaan HUT TNI tahun sebelumnya, di mana KCI mencatat lebih dari 1,2 juta pengguna KRL Jabodetabek, KCI memberlakukan pola operasi layanan seperti hari kerja. “Diperkirakan jumlah pengguna Commuter Line Jabodetabek akan meningkat hingga 45 persen dibandingkan rata-rata pengguna pada akhir pekan,” ungkap VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, dalam keterangan tertulisnya.

Untuk mengantisipasi serbuan penumpang, KCI mengoperasikan 1.063 perjalanan KRL selama dua hari tersebut. Selain itu, penambahan personel layanan dan pengamanan juga dilakukan. Stasiun Gondangdia mendapatkan tambahan 24 personel, sementara Stasiun Juanda diperkuat dengan 29 petugas tambahan.

Lebih lanjut, KCI juga siap melakukan rekayasa pola operasi dan pelayanan secara situasional, menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Penyekatan dan pengaturan antrean menuju peron akan diberlakukan di area stasiun jika terjadi lonjakan penumpang yang signifikan. “KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk menghindari kepadatan dengan memilih stasiun alternatif lainnya untuk naik dan turun Commuter Line,” imbau Joni. Dengan memilih stasiun alternatif, diharapkan kepadatan di stasiun-stasiun utama dapat terurai.

Manager Public Relations KAI Commuter, Leza Arlan, menambahkan bahwa pengoperasian loket portabel juga disiagakan sebagai antisipasi kebutuhan pembelian tiket. Sistem buka-tutup antrean bagi pengguna yang akan memasuki area peron juga akan diterapkan jika situasi sudah terlalu ramai.

“Petugas layanan pengguna dan kebersihan juga akan disiagakan, khususnya di Stasiun Juanda dan Stasiun Gondangdia, untuk membantu pelayanan dan menjaga kenyamanan pengguna,” pungkas Leza, menegaskan komitmen KCI dalam memberikan pelayanan terbaik bagi penumpangnya di tengah potensi lonjakan pengguna KRL.

Tags:

Share:

Related Post